Book War #IRF2013

Book war adalah salah satu acara yang ada di Festival Pembaca Indonesia 2013 kemaren 7-8 desember 2013. Postingan ini sebenernya lanjutan dari postingan sebelumnya, karena di postingan sebelumnya gak bisa masukin video jadinya dipisah deh. Bagi yang belum tau book war itu apa bisa baca penjelasannya di postingan sebelumnya ya 🙂

Advertisements

Review: Harmoni Dunia Membaca

Image

Pertama kali mendengar ada acara Festival Pembaca Indonesia dari temen. Karena penasaran, langsung kepo gitu dan kebetulan temen ada yang punya leafletnya. Connect wifi di kampus (kebetulan paket internet lagi abis) dan langsung meluncur ke www.festivalpembacaindonesia.com sama @bacaituseru. Ngeliat rundown acaranya yang menarik, keren dan unik jadi penasaran pengen nyoba dateng. Dan emang ini yang pertama buat saya.

Diadakan selama 2 hari dari tanggal 7-8 desember 2013 di Museum Bank Mandiri Jakarta, saya lebih memilih dateng tanggal 8 desember hari minggu, dan karena acaranya juga yang menarik untuk diikuti. Nyesel banget! dateng hari minggu tuh niatnya pengen ikut workshop creative writing class nya A. Fuadi, tapi ternyata kalo mau ikut workshop harus daftar dulu sebelumnya. Pas cek ke websitenya ternyata udah ditutup pendaftaran workshopnya alias penuh! 😦 Untungnya sih hari itu ada talkshow  Tawa Dalam Cerita, narasumbernya juga gak kalah kece, ada Benazio Rizki atau yang akrab disapa benakribo, Adis @takdos, Kevin Anggara dan Arie Sadhar. Banyak banget manfaat yang di dapet pas talkshow, dari mulai tips nulis khususnya bergenre comedy, nyari ide, dan aduh lupa apalagi ya, saking banyaknya sih hahaha…

Selesai talkshow, ishoma dulu dan langsung cus ke bioskop baca. Satu hari ada dua film dan di film kedua ini judulnya Capote (biographical Film). Filmnya macem klasik gitu, settingnya tahun 60-an. Awalnya agak gak ngerti sih karena emang telat juga dateng ke bioskop bacanya, pas masuk udah mulai sekitar 10 menitan. Karena settingnya yang jadul gitu, di dalem saya malah ngantuk. Alhasil saya manggut-manggut alias tidur wkwkwkwk. Maklum lah sebelumnya abis keliling-keliling liat booth dan koleksi di museum bank mandiri. Tapi walaupun tidur dapet hadiah juga :p, jadi abis film selesai panitia mengadakan kuis terkait film tadi dan kebetulan yang bertahan nonton cuman sekitar 6 peserta. Ada tiga hadiah yang diberikan, salah satunya jadi milik saya hehehe..

ImageSelain workshop, talkshow, bioskop baca sama pameran ada juga acara-acara lainnya seperti taman komunitas dan amazing race. Taman komunitas itu panitia menghadirkan komunitas-komunitas yang tergabung dalam berbagai macem genre ada komuntias literasi untuk semua (FLP jakarta), ada Triwozard (Indo Harry Potter), Treasure Hunt (Eorlingas) dan beberapa komunitas lainnya. Kalo amazing race itu semacem game nyari petunjuk yang diadain panitia gitu. Kalo gak salah ini acara per tim yang kurang lebih terdiri dari 2 orang tiap tim. Saya gak ikut acara ini karena dateng ke #IRF sendirian hehehe. Eh pojok anak juga ada loh buat para pengunjung yang membawa anak kecil bisa bermain sambil belajar disana J

Dan acara dua ini yang paling unik menurut saya dan belum pernah saya temuin dimana-mana. Book Swap dan Book War. Konsepnya sederhana tapi seru banget. Jadi book swap itu kita bisa nuker buku yang kita bawa dengan buku yang disedian panitia sesuai dengan jumlah buku yang kita bawa. Bebas milih dan tak terbatas. Dari rumah saya membawa 8 buku untuk dituker (niat banget ya -__-) dan yang berhasil dituker sebanyak 5 buah buku, yuhuu~.

Nah kalo book war sebenernya konsepnya sama kaya book swap, tapi ini lebih seru dan kocak banget. Jadi para pengunjung yang bawa buku bisa dituker dengan buku yang disediain panitia. Bedanya, cara nukernya rebutan! Pas mau ada book war panitia mengumumkan 5 menit sebelumnya, tanpa digiring tuh pengunjung langsung pada ngumpul ngerubungin meja dimana buku terhampar. Peserta udah pada masang posisi kuda-kuda, bersiap. Mata pun memicing mencari target buku. Sebelum book war dimulai dan para peserta udah pada posisinya, panitia menambahkan buku baru ke atas meja, biasanya buku yang baru ditaro buku bagus semua, jadilah para peserta langsung berbisik, “inceran gw tuh”. Ketika panitia menghitung maju 1-5 para peserta semakin memasang muka garang, fokus pada target. DAN 5! BRRRUKK!! Sekejap meja langsung bergeser gak teratur dan buku-buku pun semakin semraut. Book war adalah pemandangan keren, asli seru dan kocak! Hal itu terlihat dimana kegarangan orang-orang dalam berburu buku gratis, termasuk saya 🙂

ImagePada intinya acara ini amat sangat bagus. Mewadahi para pembaca buku di indonesia. Saya suka. Walaupun diselenggarakan dengan waktu yang singkat, namun acara ini sangat benilai dan bermanfaat khususnya untuk saya pribadi. Acara ini membuka mata saya bahwa dunia membaca itu seru dan gak ada habisnya. Saya tunggu di acara Festival Pembaca Indonesia 2014. Can’t wait!

Gimana yang belum sempat hadir? Nyesel, kan? Hehehe :p